19 Mar 2020, 18:22Infeksi

Gizi seperti apa yang dapat cegah corona pada anak?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Hi, dokter. Dengan adanya virus corona ini saya jadi lebih peduli dengan kesehatan anak saya. Saya lebih suka memasak sendiri untuk kebersihannya. Kira-kira makanan seperti apa yang dapat memenuhi gizi anak diera wabah corona ini?
20196 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Kaitan antara daya tahan tubuh dengan virus corona tentu sangat berkaitan erat. COVID 19 ini merupakan virus yang sangat mudah menular, namun bersifat self limiting disease, sehingga daya tahan tubuh yang baik akan berperan untuk pencegahan penularan infeksi virus corona.Virus corona ini bisa menyerang segala usia, dari anak-anak hingga lansia, dimana pada lansia gejala yang muncul lebih berat dan meningkatkan risiko kematian.Sehingga pencegahan yang dapat kita lakukan saat ini adalah berusaha meningkatkan daya tahan tubuh dan berusaha menghindari berpergian keluar rumah bila tidak ada kepentingan yang mendesak.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda dan keluarga terapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara :

  • Perbanyak asupan sayur, buah, dan protein.
  • Rutin mencuci tangan menggunakan sabun selama 30 detik dan bilas menggunakan air yang mengalir, dan dilap menggunakan tissue setelahnya. Bila tidak tersedia sabun, Anda bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.
  • Tutup menggunakan tissue atau lengan baju bagian dalam saat sedang batuk atau bersin.
  • Hindari kebiasaan menyentuh wajah, terutama bibir, hidung, dan mata.
  • Lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari agar tubuh lebih bugar. Anda bisa mengajak Anda untuk berlari di taman atau bersepeda.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Masak daging, ayam, ikan hingga matang, hindari makanan setengah matang atau mentah.
Segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat bila ada keluhan demam, batuk, pilek, atau sesak napas. Dan pastikan untuk menggunakan masker selama perjalanan ke tempat praktek dokter atau ke Rumah Sakit.Salam sehat,dr. Vina
infeksi virusimunitas turuncoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil