16 Apr 2020, 22:20Kandungan

Mengapa haid menjadi lebih cepat?

WS
Info Penanya: WS, Wanita, 27 Tahun
Malm dok,sya mau tanya haid sya biasanya tanggl 20,tp kok skrang seminggu sblm wktunya udah haid dan hanya 3 hari di sertai pusing,mual,lemes dok,mohon jwbnnya ya dok .
29746 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat Malam, WS. Setiap wanita yang masih produktif akan mengalami masa menstruasi. Umumnya masa menstruasi ini akan dialami setiap bulan. Pada kondisi normal siklus menstruasi atau haid wanita berkisar 21-35 hari dengan rata-rata kebanyakan orang mengalami siklus menstruasi 28 hari.Ketika mengalami siklus haid yang berbeda tetapi masih dalam rentang tersebut masih dapat dikatakan normal. Dalam beberapa kondisi siklus menstruasi dapat datang lebih cepat ataupun lebih lambat.Terkait dengan masalah yang Anda alami siklus menstruasi Anda terjadi lebih cepat atau dengan kata lain siklus menstruasi Anda memendek, dapat dikarenakan gangguan dari hormon kewanitaan yang berperan dalam proses terjadinya menstruasi. Siklus menstruasi akan menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia.

Berikut adalah hal yang menyebabkan haid tidak lancar:

  • aktivitas fisik yang berlebihan menimbulkan kelelahan
  • kondisi stres
  • berat badan berlebihan atau justru terlalu kurus
  • melakukan diet terlalu ekstrim
  • PCOS
  • endometriosis
Untuk sementara waktu Anda dapat mencoba untuk menghitung siklus menstruasi Anda setiap bulannya untuk memastikan siklus haid yang normal pada diri Anda. Cobalah tandai hari pertama terakhir kalinya Anda haid sebagai hari pertama dari siklus menstruasi, lalu hari pertama menstruasi selanjutnya sebagai hari akhir dari siklus menstruasi Anda. lakukanlah pengamatan selama minimal 3 bulan.Jika Anda mengalami keluhan haid tidak teratur yang panjang, seperti semakin memendek siklus menstruasinya maka sebaiknya konsultasikan kondisi Anda tersebut ke dokter spesialis kandungan. jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan makan sehat, banyak minum air putih dan olahraga teratur.Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.Salam Sehat,  dr. Sri Wulantini
kesehatan kandungansiklus haidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil