14 Sep 2020, 06:42Kandungan

Haid tidak teratur atau kehamilan ?

AS
Info Penanya: AS0
Dok saya mau tanya, terakhir saya haid di tanggal 10 bulan agustus tetapi kenapa ditanggal 10 september ini saya belum haid ya dok? Saya HB dengan suami selalu ejakulasi diluar. Apakah bisa menyebabkan kehamilan dok? Atau haid saya dinamakan tidak lancar atau gimana ya dok.. ? Tolong solusi nya dok..
3171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, AS.Haid tidak teratur merupakan keadaan dimana siklus mentruasi datang secara berubah-ubah setiap bulannya. Perubahan tersebut dapat berupa kedatangan yang lebih cepat, lebih lambat atau bahkan melewati rentang normal siklus menstruasi itu sendiri yang berkisar antara 21-35 hari. Haid tidak teratur sendiri disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi medis.

Beberapa diantaranya ialah :

  • faktor biologis, berupa gangguan hormon maupun faktor genetik 
  • stres, kecemasan dan gangguan emosional lainnya
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • berat badan kegemukan ataupun terlalu kurus
  • kondisi medis seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti sindrom ovarium polikistik, fibroid rahim, dan penyakit lainnya
  • pola makan tidak sehat
  • olah raga yang sangat kurang ataupun berlebihan 
Mengenai pertanyaan Anda tentang tanggal haid yang tidak sama, sejatinya keteraturan siklus haid bukan didasarkan pada tanggal setiap bulannya. Tentunya tidak akan selalus sama karena lamanya hari dalam satu bulan berbeda. Yang dilihat itu siklus dengan rentang yang telah disebutkan diatas. Untuk dapat menghitung siklus haid dengan mudah Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi penghitung siklus haid di telpon genggam Anda. Sedangkan mengenai hubungan seksual dengan ejakulasi diluar, masih dapat menyebabkan kehamilan karena sperma dapat terkandung dalam cairan sebelum ejakulasi yang pengeluarannya tidak dapat dikendalikan dan tidak disadari.Untuk solusinya saat ini, jika diperkirakan sudah ada keterlambatan haid melebihi 10 hari maka cobalah melakukan test pack, dan dapat diulang kembali seminggu kemudian. Jika hingga dua bulan tidak kunjung haid tetapi test pack tetap negatif maka ada baiknya untuk berkonsutasi secara langsung dengan dokter Kandungan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
siklus haidhubungan seksualkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil