24 Jul 2021, 13:06Pernapasan

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah vaksin Covid

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, saya baru saja melakukan vaksin covid dosis pertama. Apakah ada larangan setelah vaksin covid yang harus dilakukan?
1227 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang FF,Vaksin Covid-19 adalah zat yang disuntikkan ke dalam tubuh, guna merangsang pembentukan antibodi terhadap virus penyebab penyakit Covid-19. Pada bulan Juli 2021 saat pertanyaan ini dijawab, ada tiga merek vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat umum, dengan dosis pemberian dua kali.

Hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah vaksin Covid-19

Jika Anda baru saja mendapat vaksin dosis pertama, maka dianjurkan untuk melakukan hal-hal dalam keseharian yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya, mengonsumsi buah dan sayur-mayur yang kaya akan nutrisi, minum air putih yang cukup, dan tidur 7-9 jam sehari.Lalu, upayakan untuk menghindari hal-hal berikut:
  • mengonsumsi makanan cepat saji yang rendah nutrisi
  • tidur larut malam (bergadang)
  • melakukan olahraga berat
  • melakukan hal-hal yang memicu stres
  • merasa sudah kebal dan berjalan-jalan tanpa mematuhi protokol kesehatan
Selain itu, upayakan untuk memantau juga kondisi Anda ya. Jika ada demam, gatal, nyeri otot, atau reaksi lainnya setelah vaksinasi, coba isi kuisioner ini untuk menentukan apakah efek samping tersebut serius atau tidak. Anda juga dapat melakukan chat dokter untuk mengetahui penanganan efek samping vaksin (jika ada), atau berkonsultasi tentang masalah kesehatan lainnya.Dan jangan lupa, datang untuk vaksinasi dosis kedua tepat waktu ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
vaksin lansiacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil