19 Aug 2020, 01:49Kandungan

Apakah terjadi kehamilan jika terjadi haid setelah berhubungan seksual

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya mau bertanya,saya kan berhubungan ditgl 26 juli..tetapi istri mens ditgl 14agustus apakah itu terjadi kehamilan??tetapi waktu berhubungan sperma tidak menembak kan kedalam vagina.tolong penjelasan nya Dok terimah kasih...
5695 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RO,Apabila terjadi menstruasi setelah berhubungan seksual dan tidak kembali melakukan hubungan seksual setelah selesai haid maka tidak terjadi kehamilan. Haid atau menstruasi sendiri merupakan proses yang terjadi ketika sel telur tidak dibuahi.

Metode kontrasepsi

Apabila sudah menikah dan memang masih ingin menunda memiliki anak, ada baiknya menggunakan metode kontrasepsi. Karena metode KB alami seperti yang dilakukan saat ini yaitu melakukan senggama terputus atau berhubungan tanpa dilakukan ejakulasi di dalam juga bisa ada kemungkinan hamil, apabila saat melakukan penetrasi terdapat cairan preejakulasi. Dari cairan preejakulasi ini bisa ada sel sperma yang ikut terbawa dan bisa masuk ke dalam saluran reproduksi wanita dan menimbulkan kemungkinan hamil.Jika ingin menunda tidak lama bisa gunakan metode kontrasepsi seperti:
Atau jika masih ingin menunda lebih lama bisa memilih metode kontrasepsi lain sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan masing-masing metode kontrasepsi agar penggunaan alat kontrasepsi bisa tidak mengganggu.Anda juga bisa memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak sebelum mengggunakan metode kontrasepsi dengan melakukan pemeriksaan tes kehamilan misalnya menggunakan testpack terutama jika ada riwayat berhubungan seksual setelah haid atau terlambat menstruasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksmenstruasikontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil