19 Aug 2020, 20:24Penyakit Lainnya

Haruskah pakai sepatu olahraga saat berolahraga?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, saya mau tanya.. kaki saya rasanya sakit dari bagian belakang tumit sampai telapak kaki bagian tengah setelah berolahraga. Memang sih saya lupa pakai sepatu olahraga dan pakai sendal, apa harus ya dok pakai sepatu olahraga?
4792 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaan AndaRasa tidak nyaman pada tumit setelah berolahraga bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari adanya cedera berupa benturan, adanya otot yang mengalami peradangan, atau bahkan karena tidak menggunakan alaskaki khusus saat berolahraga. Ketika sedang berolahraga sebaiknya menggunakan alaskaki yang didesain khusus untuk berolahraga. Banyak orang membeli sepatu olahraga hanya berdasarkan model dan warna sepatu, padahal sepatu olahraga memiliki desain khusus sesuai dengan jenis olahraganya untuk meminimalisir cedera pada jari kaki, otot-otot kaki, sendi pergelangan kaki dan lain sebagainya. Untuk itu, gunakanlah sepatu dan pakaian olahraga yang sesuai.

Adapun contoh ciri khas dari masing-masing sepatu olahraga adalah:

  • Sepatu lari: fleksibel, ringan, dan memiiki sol sepatu yang cenderung empuk
  • Sepatu basket: sol datar, dan memiliki pola khusus agar tidak licin, serta melindungi mata kaki
  • Sepatu tennis: Permukaan halus, kaku, dan menguatamakan kestabilan
  • Sepatu golf: kurang fleksibel, mempunyai paku logam/tidak, cenderung ringan
  • Sepatu bola: memiliki pull pada solnya agar dapat mencengkeram saat lari di lapangan sehingga tidak licin
Beberapa tips untuk membeli sepatu olahraga adalah :
  • Gunakan kaos kaki khusus olahraga saat mencoba sepatu
  • belilah sepatu olaraga di toko khusus perlengkapan olahraga
  • Sesuaikan dengan ukuran Anda
  • Usahakan membali sepatu dimalam hari karena, pada malam hari kaki memiliki ukuran yang lebih besar akibat aktifitas seharian
Bila terjadi cedera olahraga atau dirasa terdapat keluhan lain segeralah periksakan ke dokter terdekat. Pastikan Anda cukup minum saat berolahraga agar tidak dehindrasi, selain itu konsumsilah makanan sehat bergizi, dan beristirahat dengan cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
olahragatips olahragatips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil