28 Jul 2021, 19:24Infeksi

Pemeriksaan laboratorium HBsAg positif, tanda infeksi hepatitis B ?

S
Info Penanya: S0
Dokter sya mau tanya klo hasil lab Hbsag positif Anti hbs negatif Anti hbc igm negatif Anti hbe positif Hbeag negatif Artinya apa ya dok? Terimakasih
273 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Pemeriksaan laboratorium dapat membantu dokter mendeteksi penyakit lebih dini sehingga terapi dilakukan dengan tepat dan keluhan membaik. Pemeriksaan laboratoium termasuk HbsAg dilakukan pada pasien curiga ada gangguan hepar, ibu hamil yang akan melahirkan baik SC maupun normal, pasien risiko tinggi seperti pekerja seks komersial, penggunaan narkoba suntik.

Apa arti dari pemeriksaan laboratorium HBsAg positif ?

Arti dari pemeriksaan laboratorium HBsAg positif yaitu terdapat virus hepatitis B di tubuh Anda. Hepatitis B dapat dalam keadaan akut maupun kronis. Hepatitis akut saat infeksi terjadi 1 hingga 3 bulan, namun jika imun tubuh tidak dapat melawat infeksi hepatitis, maka hepatitis B akan menjadi infeksi kronis yang ditunjukkan dengan hasil pemeriksaan laboratorium :
  • HbsAg positif
  • Anti HBs negatif
  • Anti HBc IgM negatif
Anti HBe positif menunjukkan bahwa antibodi tubuh terbentuk dan HbeAg negatif berarti infeksi hepatitis B di tubuh Anda dalam jumlah yang rendah dan tidak menularkan orang lain. Anda perlu menjaga kesehatan dengan baik. Konsumsi makana bergizi, hindari konsumsi alkohol, lakukan olahraga, jaga berat badan stabil, rutin kontrol dan cek laboratorium di dokter spesialis penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.   
sirosis hatihepatitis bhepatomegali
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil