31 Mar 2020, 23:06Pernapasan

Hidung gatal dan mampet, apakah gejala coronavirus?

FD
Info Penanya: FD, Wanita, 19 Tahun
Dok, saya mau tanya. Hidung saya gatal kayak mau batuk. Hidung saya mampet selama beberapa hari hingga menganggu pernapasan. Trs ada sesuatu yang menganjal di pangkal tenggorokan. Apakah itu gejala corona?
38984 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FD.Saat ini, Coronavirus sedang menjadi pokok pembahasan terkini di banyak negara-negara dunia, termasuk Indonesia. Coronavirus adalah satu golongan virus yang menyerang pernapasan. Ada banyak jenis Coronavirus, dua di antaranya pernah menyebabkan SARS dan MERS pada tahun 2002 dan 2012. Di tahun 2020 ini, muncul satu jenis baru Coronavirus yang dinamakan SARS-CoV-2 dan menyebabkan penyakit bernama COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).COVID-19 ditularkan melalui percikan dahak atau bersin penderita. Oleh karena itu, penting untuk dicari tahu apakah ada riwayat kontak dengan ODP, PDP, ataupun seseorang yang positif COVID-19.Berikut gejala COVID-19 yang dialami oleh penderita:
  • Demam, disertai nyeri kepala ataupun tidak
  • Batuk, lebih sering batuk kering. Namun pada beberapa kasus ditemukan batuk berdahak.
  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Nyeri telan atau sensasi mengganjal pada tenggorokan
  • Sesak napas, bisa ringan sampai berat
Tetapi, harus diperhatikan bahwa tidak semua penderita mengalami gejala tersebut. Seseorang dengan kekebalan tubuh rendah bisa mengalami gejala yang berat, sedangkan orang usia muda dengan kekebalan tubuh optimal bisa mengalami gejala ringan, bahkan tanpa gejala. Selain itu, gejala tersebut juga bisa merupakan gejala penyakit lain. Seperti misalnya influenza, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), atau pneumoniaApabila Anda mencurigai diri Anda terkena COVID-19, sebaiknya lakukan isolasi selama 14 hari. Apabila Anda tidak mengalami gejala apapun dalam rentang waktu tersebut, kemungkinan besar Anda tidak terinfeksi. Tetapi, apabila Anda mengalami perburukan gejala seperti demam atau sesak, sebaiknya Anda menghubungi 119 ext. 9 untuk melaporkan gejala dan mengetahui apakah Anda harus ke rumah sakit rujukan atau tidak.Jangan lupa selalu lakukan pola hidup sehat untuk menjaga kekebalan tubuh, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, menghindari rokok, dan rutin berolahraga. Selain itu, cucilah tangan dibawah air mengalir sebelum makan atau setelah memegang benda-benda publik. Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.Salam sehat,
dr. Sylvia
infeksi virussakit tenggorokanpneumoniacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil