22 Jul 2021, 16:38Pernapasan

Penciuman hilang tapi swab negatif, apakah pasti bukan covid?

GP
Info Penanya: GP0
Dok,saya kontak dengan penderita covid hari jumat tgl 9, habis itu tenggorokan saya gatal dan batuk. Hari rabu tgl 14 saya swab anti gen dgn hasil negatif. Terus hari minggu -selasa demam, hidung tersumbat. Saya terus memasukkan minyak kapak ke hidung saya selama saya demam. Hari rabu hidung saya pengar dan hilang indra penciuman tp saya tidak demam. Saya berobat tp tidak swab lagi. Soalnya saya yakin hilangnya penciuman bukan krn covid. Pertanyaan saya dok, apakah saya terpapar covid?
1248 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo G,COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus sehingga sangat mudah menular. Gejala khas dari infeksi virus covid-19 adalah hilangnya penciuman. Virus ini masuk ke dalam tubuh dalam kondisi berkapsul dan masa inkubasi virus dapat terjadi selama 7-14hari yang artinya virus mungkin akan tidak terdeteksi oleh alat antigen selama masih masa inkubasi.

Tertular virus covid-19

Jika sebagian kapsul sudah pecah maka virus akan mulai terdeteksi oleh alat tes antigen dan jika Anda mengalami gejala namun hasil tes negatif, justru Anda harus mengulangi tes setidaknya 14hari dari sejak terpapar penderita positif karena bisa saja inkubasi virus dalam tubuh Anda terjadi dalam 14hari. Jika kemudian hasil tes positif, lakukan isolasi mandiri selama 14hari dari sejak terdeteksi positif dengan harapan pada hari ke 11-14 virus yang pecah dari kapsul nya, sudah mulai banyak yang mati dan pada hari ke 14 Anda sudah tidak dapat menular ke orang lain lalu ulangi pemeriksaan antigen pada hari ke 15.10 hari pertama dari sejak positif adalah saat yang paling menular dan berbahaya bagi orang disekitar Anda jadi tes sebaiknya dilakukan untuk menjaga orang-orang yang serumah dengan Anda. Dalam kasus Anda tes mungkin dilakukan saat masa inkubasi, maka dari itu bergejala maupun tidak, Anda tetap harus tes ulang.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil