31 Jul 2021, 20:41Jantung

Seorang vegetarian mengalami tekanan darah tinggi, apa penyebabnya ?

KH
Info Penanya: KH0
Dokter, istri saya vegetarian dari umur 10 tahun, sekarang umur 39 th. Apa yang menyebabkan istri saya sering mengalami tekanan darah tinggi. Istri saya tinggi 160 cm, bb 54 kg. Boleh dibilang hidupnya cukup senang, istri saya mau melakukan apa saja saya tdk pernah melarang dia. Pekerjaan rumah pun tdk perlu dia kerjakan. Dari blm menikah sama saya istri saya sdh sering mengalami gejala hipertensi. Kami menikah sdh 14 thn.
321 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, K.Vegetarian adalah salah satu prinsip makan yang dipilih seseorang dimana vegetarian hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan. Vegetarian menghindari makanan dari hewan maupun seafood. Namun batasan vegetarian seseorang berbeda-beda begitu pula jenis vegetarian yang dipilih.

Apa yang menyebabkan seorang vegetarian mengalami tekanan darah tinggi ?

Istri Anda yang seorang vegetarian dari umur 10 tahun, sekarang 39 tahun, sering mengalami tekanan darah tinggi, dimana tinggi 160 cm, bb 54 kg, hidup cukup senang, tidak dituntut melakukan pekerjaan berat, tidak dilarang apapun, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Faktor genetik di keluarga.
  • Konsumsi garam berlebihan pada makanan walau hanya berupa makanan vegetarian.
  • Tidak pernah dan jarang olahraga.
  • Terlalu banyak konsumsi kafein maupun minuman soda dan alkohol.
  • Masalah pada ginjal.
  • Penggunaan obat hormonal seperti pil KB.
  • Gangguan tiroid.
  • Tidak konsumsi obat darah tinggi secara teratur.
  • Merokok.
Tekanan darah tinggi harus selalu dikontrol agar tidak menimbulkan komplikasi berupa stroke dan penyakit jantung. Istri Anda harus terus konsumsi obat tekanan darah tinggi, walau tekanan darah sudah normal kembali dengan menyesuaikan dosis sesuai saran dari dokter penyakit dalam. Jangan lupa pula untuk melakukan pemeriksaan lengkap berupa fungsi ginjal. Terus jalani hidup sehat, imbangi dengan olahraga, minum air putih yang cukup dan konsumsi vitamin.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.   
tekanan darah tinggidiet veganpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil