04 Apr 2020, 12:28Penyakit Lainnya

Homoseksual menular, benarkah?

Z
Info Penanya: Z, Pria, 29 Tahun
Dok, homoseksual itu menular? Bagaimana cara mendeteksinya?
16705 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang A,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Homoseksual merupakan istilah untuk orang yang tertarik secara personal, emosional, atau seksual kepada orang berjenis kelamin sama dengannya. Jika orang tersebut laki-laki, maka umumnya dikenal dengan istilah ‘gay’, sementara jika perempuan ‘lesbian’.Homoseksual, heteroseksual, biseksual, aseksual, maupun kelompok LGBT merupakan orientasi seksual. Penyebab homoseksual beberapa peneliti meyakini kombinasi berbagai faktor, antara lain lingkungan, budaya, emosional, hormonal, dan biologis. Maka setiap orang yang menjadi homoseksual pasti dipengaruhi oleh latar belakang yang berbeda.Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa Edisi III (PPDGJ III) yang diterbitkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1993, menyebutkan bahwa orientasi seksual bukanlah suatu gangguan. Meski demikian, homoseksual tidak lepas dari masalah dalam interaksi sosial karena adanya prasangka, stigma, dan diskriminasi, sehingga tidak jarang kaum homoseksual memilih untuk menyembunyikannya.Menurut Troiden (Siahaan, 2009:51), terdapat tiga tahapan proses pengakuan atau pembentukan homeseksual, yaitu:
  • Sensitization, tahapan ini seseorang menyadari bahwa dia berbeda
  • Dissaciation dan Signification, di sinilah seseorang mendapat pengalaman hiburan seksualnya dari laki-laki, tetapi mungkin gagal menunjukkan perasaannya atau mencoba untuk mengingkarinya. 
  • Coming Out (pengakuan), ahap ini merupakan tahap di mana homoseksualitas diambil sebagai jalan hidup dan mempunyai hubungan dengan pasangan tetap.
Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
masalah seksualdisfungsi seksualhomoseksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil