08 Jul 2021, 00:56Penyakit Lainnya

Apa saja syarat untuk vaksin?

E0
Info Penanya: E00
Apakah sy bisa vaksin .dalam keadaan terkena plek paru2. Terkadang sering batuk dan sesak disertai dada sebelah kanan berdebar2
372 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Anandika Pawitri
(0)
Selamat siang E, Terima kasih untuk pertanyaannya.Terdapat beberapa persyaratan vaksin untuk COVID-19, secara umum penerima vaksin saat ini sehat dan sudah menjalani pemeriksaan riwayat penyakit yang pernah atau sedang diderita. Melihat gejala yang Anda alami, sepertinya belum dapat dilakukan karena masih terdapat infeksi aktif yang sedang dialami. Namun untuk meyakinkan, dapat menanyakan kepada dokter yang merawat Anda.Berikut adalah beberapa kondisi di mana seseorang belum dapat menerima vaksin:
  • Pernah mengalami reaksi alergi berupa anafilaksis dan reaksi alergi berat akibat vaksin COVID-19 dosis pertama ataupun akibat dari komponen yang sama dengan yang terkandung dalam vaksin COVID-19.
  • Individu yang sedang mengalami infeksi akut. Jika infeksinya sudah teratasi maka dapat dilakukan vaksinasi COVID-19. Pada infeksi TB, pengobatan OAT perlu minimal 2 minggu untuk layak vaksinasi.
  • Individu dengan penyakit imunodefisiensi primer.
  • Pasien resipien transplantasi ginjal yang sedang dalam kondisi rejeksi atau masih mengkonsumsi imunosupresan dosis induksi
  • Pasien dengan Inflammatory Bowel Disease (IBD) akut yang sedang mengalami gejala BAB berdarah, berat badan turun, demam, dan nafsu makan menurun. (Vaksinasi sebaiknya ditunda)
Semoga bermanfaat dr. Anandika 
vaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil