04 Mar 2020, 20:39Jantung

Kenapa hipertensi menyebabkan jantung berdebar?

NL
Info Penanya: NL, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau nanya saya punya pemyakit hifertensi dan sekarang jantung saya berdebar kencang terus lemas suka sakit juga dok?
35484 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang NL,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah berada diatas 130/80 mmHg. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya karena jantung memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Sehingga dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti stroke, gagal jantung dan gagal ginjal.Gejala dari Hipertensi adalah sakit kepala, lemas, sesak nafas, masalah dalam penglihatan dan nyeri dada hingga berdebar-debar. Namun tidak semua gejala di atas dialami oleh pasien hipertensi. Cara mengatasi jantung berdetak kencang yang bisa dilakukan di rumah :
  • Menghindari stimulan yang dapat membuat jantung berdetak kencang seperti makanan dan minuman yang mengandung kafein, rokok, jenis obat-obatan tertentu.
  • Melakukan relaksasi seperti meditasi, yoga dan beraktivitas ringan di luar ruangan
  • Cukupi kebutuhan air putih
Jika keluhan jantung yang berdebar tidak kunjung mereda atau bertambah parah, di sertai gejala lain seperti pusing dan sesak di dada patut diwaspadai. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu pertanda masalah pada jantung. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung atau langsung membawanya ke IGD.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
hipertensitekanan darah tinggijantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil