07 Jul 2021, 12:21Saraf

Kaki dan tangan tidak bisa di gerakkan

HP
Info Penanya: HP0
Kakek saya usianya 62 tahun, nah sudah dua hari ini kaki sama tangan sebelah kanan tidak bisa di gerakkan Takut nya stroke ringan... Itu gimana ya ?
243 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Anandika Pawitri
(0)
Terima kasih HP atas pertanyaannya, Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apakah kakek memiliki faktor risiko stroke seperti hipertensi tidak terkontrol, hiperkolesterolemia, diabetes melitus, dan lain-lain.Terdapat 2 jenis stroke yang berpotensi dialami oleh para lansia, yaitu:
  • Stroke iskemik, yaitu jenis stroke yang disebabkan oleh adanya pembekuan darah atau penumpukan lemak, sehingga menyumbat pembuluh darah yang menuju ke otak. 
  • Stroke hemoragik, yaitu jenis stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak sehingga menghambat aliran darah. Biasanya hal ini dipengaruhi sejumlah faktor seperti tekanan darah tinggi, cedera kepala, overdosis obat antikoagulan, dan angiopati amiloid
Gejala stroke ringan antara lain:
  • Otot mati rasa atau terasa lemah di satu sisi tubuh.
  • Sulit berbicara dan kalimat susah dipahami.
  • Hilang keseimbangan dan merasa pusing.
  • Penglihatan menjadi kabur (di satu atau kedua mata).
  • Merasa bingung atau linglung.
  • Sakit kepala hebat tanpa sebab.
Gejala-gejala stroke ringan di atas biasanya hanya terjadi selama beberapa menit namun ada kemungkinan terjadi berulang dalam 24-48 jam berikutnya. Gejala stroke ringan dan stroke sangat identik, jadi ada baiknya segera mengambil tindakan.Apabila keluhan sudah berjalan lebih dari 2 hari maka perlu penanganan lebih lanjut. Segeralah memeriksakan diri ke dokter ahli saraf, atau untuk mendapat penanganan segera dan pemeriksaan pencitraan dapat dibawa ke IGD rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat dr. Anandika Pawitri, MRes
gejala strokelansiastroke
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil