04 Jul 2021, 14:30Kandungan

Testpack dua garis, tapi satu samar

ER
Info Penanya: ER0
Dok knpa tespek 2garis merah tapi yg satunya samar??
291 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam E,Testpack adalah alat uji berbentuk strip yang umum digunakan untuk skrining awal kehamilan. Idealnya, testpack dilakukan 7-14 hari setelah terlambat haid. Pada hari tersebut, jika seorang wanita benar-benar hamil, maka usia kehamilannya adalah sekitar 5-6 minggu dan hormon kehamilan hCG sudah diproduksi cukup banyak oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa testpack mendeteksi hormon hCG tersebut pada air seni.Cara penggunaan testpack sangatlah mudah sehingga bisa digunakan secara mandiri di rumah, yaitu dengan mencelupkan alat uji ke dalam air seni sampai batas garis maksimal. Setelah itu, hasil akan keluar dalam beberapa saat. Dua garis berarti kemungkinan besar positif, dan satu garis menandakan kemungkinan negatif.

Hasil Testpack Samar

Tapi, terkadang hasil testpack tidak jelas atau satu garis jelas dan satu lagi samar. Jika testpack samar, maka kemungkinannya adalah:
  • pengecekan dilakukan terlalu dini, sehingga hormon hCG belum cukup banyak
  • alat yang dipakai sudah kedaluwarsa
  • cara penggunaan kurang tepat
  • cara penyimpanan testpack kurang baik
Untuk itu, disarankan agar Anda dapat mencoba mengulangi pemeriksaan 7-14 hari lagi, ya. Anda juga bisa menggunakan testpack digital yang hasilnya tidak berupa garis, melainkan langsung tulisan positif atau negatif. Atau, agar lebih pasti, coba lakukan USG di dokter spesialis kandungan guna mendeteksi ada tidaknya kantung janin di dalam rahim. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tes kehamilantest packcara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil