19 Jul 2021, 15:10Kandungan

Tidak haid dan belum diberi keturunan, apa penyebabnya ?

SM
Info Penanya: SM0
Hallo dok .. kami susi berusia 41tahun. Saya sejak umur 9thn mentruasi saya lancar dan mendekati usia 25thn mentruasi mulai tidak teratur dan usia 30thn sdh tidak head sampai skrng. Dan usia 31thn saya menikah sampai skrng msh blom puxa momongan. Apakah saya bisa hamil dok dgn berhenti xa head tak kunjung jua Kami butuh konsultadixa dan terima kasih sdh memberi kami wawasan Wassalam
366 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, S.Kehadiran sang buah hati sungguh sangat dinanti apalagi saat ini pasangan tak lagi muda, mendambakan buah hati di tengah keluarga. Salah satu faktor yang mempengaruhi sulit mendapatkan keturunan yaitu siklus haid yang tidak teratur.

Apa yang menyebabkan belum diberi keturunan ?

Anda yang awalnya haid dengan lancar lalu mendekati usia 25 tahun menstruasi mulai tidak teratur dan usia 30 tahun hingga 41 tahun tidak haid sama sekali ini disebut dengan amenorea sekunder. Beberapa penyebab amenorea sekunder antara lain :
  • Sumbatan, infeksi dan peradangan pada saluran tuba.
  • Jaringan parut di rahim oleh karena penyakit sindrom asherman.
  • Gangguan hormon tiroid.
  • Adanya tumor pituitari.
  • Penyakit PCOS.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Berat badan yang tidak propersional, terlalu kurus atau terlalu gemuk.
  • Tumor pada ovarium.

Bagaimana cara agar segera haid dan diberikan keturunan ?

Kemungkinan hamil masih dapat terjadi jika ada sel telur yang dihasilkan ovarium dalam kondisi baik dan dibuahi oleh sperma yang sehat. Anda harus melakukan pemeriksaan segera ke dokter spesialis kandungan baik USG, pemeriksaan saluran tuba, maupun hormon untuk mencari tahu penyebab amenorea sekunder. Selain itu agar hormon stabil, Anda perlu menjalai hidup yang sehat. Menjaga berat badan ideal, melakukan olahraga secara konsisten, istirahat cukup, tidak merokok dan minum alkohol begitu pula pasangan Anda.Semoga dengan melakukan pemeriksaan segera, mengatasi penyebab dan menjalani hidup sehat, Anda diberikan keturunan. Jangan lupa konsumsi vitamin E, asam folat, terus berusaha dan berdoa.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kesuburangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil