30 Apr 2020, 21:12Kulit & Kelamin

KB 3 bulan membuat menstruasi tidak normal, apakah wajar?

DA
Info Penanya: DA, Pria, 23 Tahun
Permisi dong saya mau tanya, istri saya kan di kb 3bulan. Bulan pertama haid sampai 2mingguan lalu bulan kedua tidak haid sama sekali, skarang bulan ketiga istri saya kmaren haid besoknya tidak dua hari kemudian haid lagi, apakah itu wajar? Terimakasih dok
15549 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang DA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestin, yang serupa dengan hormon alami wanita, yaitu hormon progesteronSalah satu efek samping dari KB suntik adalah perdarahan di luar siklus menstruasi dan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Hal ini disebabkan karena KB suntik mengandung hormon yang bekerja mencegah kehamilan dengan cara menghambat pelepasan sel telur serta mencegah pertemuan sperma dan sel telur. 

Beberapa efek samping lainnya yang mungkin timbul :

  • Kenaikan berat badan
  • Nyeri payudara
  • Perdarahan bisa berupa flek-flek
  • Mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali subur setelah berhenti
Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda menggunakan KB suntik kemudian haid Anda menjadi tidak teratur, namun jika Anda merasa efek samping KB Suntik sangatlah menggangu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan untuk menentukan kontrasepsi yang cocok dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil