04 Jul 2021, 21:59Kandungan

Apakah stop KB suntik bisa hamil?

YP
Info Penanya: YP, Wanita0
Dok saya mau tnya ini suntik kb 3 bulan , 2 bulan sudha dapah haid dan bulan ke 3belum dapat karna mau stop kb , apa itu bisa hamil dok ?
357 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam. YPTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB memiliki kandungan hormon dimana hormon ini akan menghambat pelepasan sel telur, mencegah sperma memasuki rahim serta menghambat sel telur melekat pada dinding rahim.  Suntik KB sendiri memiliki beberapa efek samping.

Efek samping penggunaan suntik KB :

  • Gangguan siklus haid.
  • Perdarahan di luar siklus haid.
  • Sakit kepala.
  • Peningkatan berat badan.
  • Jerawat dan flek hitam.
Gangguan siklus haid seperti haid lama, haid sedikit, atau bahkan tidak haid sama sekali dapat terjadi pada wanita pengguna suntik KB.  Sehingga bila masih dalam periode suntik KB sebelumnya maka telat haid kemungkinan karena efek penggunaan KB. Jadi kehamilan itu bisa terjadi ketika jadwalnya kembali suntik tetapi tidak suntik kembali, hormonal yang sudah kembali stabil yang ditandai dengan haid teratur pasca lepas KB, serta efek 1-2% dalam penggunaan KB karena KB tidak ada yang 100%.  Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan bila mengalami tidak haid lebih dari 3 bulan atau belum hamil lebih dari 1 tahun setelah lepas KB. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil