11 Apr 2020, 22:05Kandungan

Apakah sperma yang keluar dari vagina dapat menyebabkan hamil?

S
Info Penanya: S0
Assalamu'alaikum dok Saya siti f Saya ingin bertanya dok, setelah selesai berhubungan saya tidak langsung bangun dari tempat tidur tp menunggu sampai 5 menit setelah cairan sperma dikeluarkan. Setelah itu saya bangun dan bersih-bersih. Setelah bersih-bersih sekitar 15 menitan keluar cairan dari vagina seperti cairan sperma. Apakah dengan keluarnya cairan itu masih bisa memungkinkan berhasilnya proses pembuahan dan memungkinkan saya untuk hamil dok ?
43533 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi S,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Setelah berhubungan intim sperma yang telah masuk ke dalam vagina memang dapat mengalir keluar kembali. Hal ini di akibatkan karena gaya gravitasi dan memang bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini tidak menyebabkan kesulitan untuk terjadinya kehamilan.Karena sperma yang sehat mengandung 15-100 juta sel sperma per mililiternya, untuk terjadinya pembuahan diperlukan 1 sperma saja. Oleh karena itu tidak menjadi masalah jika sperma keluar setelah berhubungan intim.Untuk meningkatkan terjadinya kehamilan, Anda dan suami dapat melakukan beberapa tips di bawah ini :
  • Lakukan hubungan intim pada masa subur
  • Beristirahat dan tidur yang cukup
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Jangan terlalu lelah dan beraktivitas yang berat
  • Hindari konsumsi alkohol dan rokok
  • Olahraga teratur dan minimalisir stress
Jika Anda dan suami sudah melakukan hubungan intim secara rutin dan tanpa pengaman selama 1 tahun dan belum mengalami kehamilan. Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes penunjang analisis sperma, USG, tes darah, HSG, dan sebagainya, untuk menelusuri penyebabnya.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kehamilanmasa subursperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil