03 Jul 2021, 22:37Kandungan

Minum pelancar haid pada ibu hamil, dapat memicu keguguran ?

DB
Info Penanya: DB0
Dok,apa yang terjadi jika seorang ibu hamil mengonsumsi obat pelancar haid?
353 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, D.Telat datang bulan bukan hanya disebabkan wanita sedang mengandung. Telat datang bulan dapat dialami oleh setiap wanita karena berbagai faktor salah satunya penggunaan KB. Sehingga kadang wanita yang telat datang bulan tidak mengetahui bahwa dirinya hamil dan minum pelancar haid.

Apa efek samping minum pelancar haid pada ibu hamil ?

Saat hamil sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin minum obat. Beberapa obat dapat menyebabkan keguguran dan mempengaruhi janin. Obat pelancar haid tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Apalagi kandungan yang belum jelas dan dapat memicu keguguran, kontraksi rahim, cacat janin, maupun kelahiran prematur.Tetapi semua efek ini belum tentu terjadi. Tergantung dari kandungan pelancar haid yang Anda minum dan berapa banyak jumlahnya. Untuk mengetahui kondisi dan perkembangan janin Anda, sebaiknya Anda lakukan USG secara berkala di dokter spesialis kandungan.Stop minum obat pelancar haid, jaga kehamilan Anda, minum vitamin, asam folat, zat besi, kalsium, istirahat cukup, lakukan senam kegel, makan makanan berizi, tidak makan makanan mentah dan setengah matang selama hamil.Semoga bermnafaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilankeguguranpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil