10 Jul 2021, 10:49Psikologi

Mual dan muntah setelah disuntik

AT
Info Penanya: AT0
Pagi dokter.. Sy mau tanya, dr SD, sy klo habis di suntik, kenapa terasa mual, ingin muntah? Bahksn muntah, Ga hanya itu dok, sy klo melihat orang di suntik ataw infus pun, wajah sy terasa dingin, mual dan pening, melihat darahpun sy pusing, Sy kenapa dokter,? Makanya ada program vaksin sy ga betani, bukan takut di suntiknya dokter
901 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang AT,Keluhan mual, muntah, dan terasa pusing saat disuntik bisa jadi disebabkan karena fobia. Secara spesifik, dalam dunia medis, fobia ini dikenal dengan istilah trypanophobiaSelain gejala-gejala tersebut, terkadang seseorang juga dapat mengalami jantung berdebar kencang, terkadang sampai pingsan.Fobia jarum suntik biasanya dipicu oleh pengalaman buruk dengan jarum suntik, misalnya pernah ditakut-takuti orangtua pada saat masa kecil. Atau, bisa juga karena adanya perubahan enzim atau senyawa pada otak, sehingga memicu respon tubuh seperti itu.Untuk menghilangkan fobia ini, disarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung kepada psikiater (dokter spesialis kejiwaan). Nantinya akan dilakukan tanya jawab mendalam terkait ketakutan Anda, kemudian psikiater akan memberikan terapi yang sesuai, baik berupa obat-obatan maupun psikoterapi. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan mentalgangguan kecemasanfobia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil