24 Jul 2021, 01:44Kulit & Kelamin

Penis terasa nyeri dan bengkak, kenapa?

TI
Info Penanya: TI, Pria, 18 Tahun
Dok, di bagian antara batang dan kepala penis tepatnya kembang penis saya itu bengkak sebelah bagian kirinya, itu disebabkan oleh apa ya dok? Dan apakah hal itu berbahaya?
230 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, TTerima kasih atas pertanyaan AndaPenis adalah salah satu bagian dari organ reproduksi pria. Adanya rasa sakit dan bengkak pada penis, maka tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk tahu penyebabnya dan mendapatkan tatalaksana yang sesuai.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan penis terasa sakit dan bengkak:

  • Balanitis, yaitu peradangan pada penis. Keadaan ini bisa disebabkan karena adanya infeksi pada penis baik karena infeksi jamur, bakteri ataupun virus.
  • Uretritis
  • Infeksi penyakit menular seksual
  • Peyronie disease
  • Alergi dan atau iritasi 
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab penis terasa sakit bisa karena kondisi yang telah disebutkan di atas. Lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi terdekat untuk mendapatkan tatalaksana dan pengobatan yang sesuai dengan keluhan Anda. Tindakan sementara yang saat ini bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan area kemaluan, hindari melakukan aktivitas seksual untuk sementara waktu, konsumsi makanan sehat dan bergizi, ganti celana dalam Anda secara berkala terutama saat Anda berkeringat agar tidak lembab.Semoga bermanfaat.

Salam sehat, dr. Dwiana A
balanitiskulup peniskesehatan priareproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil