13 Jul 2021, 14:57Kandungan

Apakah normal jika haid berbeda tanggal?

ED
Info Penanya: ED0
Sore dok.. sya mau bertanya, knpa sya slalu menggelami haid setiap bulan terlalu cepat.. di bulan kemarin tngl 15 Juni,,Bulan Juli dapatnya di tangal 13 Juli.. tangal haid sya bulan" lalu berbeda" tangal,, tangal haidnya jatuh tempo sebulum tngal haid dok.??
257 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, EDTerima kasih atas pertanyaannya.Haid adalah peluruhan sisa jaringan dinding rahim saat pembuahan tidak terjadi.  Haid memiliki siklus normal 21-35 hari sekali dengan lama haid 2-7 hari.  Di luar dari rentang tersebut maka dinamakan gangguan siklus haid atau haid tidak lancar.

Penyebab gangguan siklus haid :

  • Stres, cemas
  • Kehamilan dan penggunaan KB hormonal.
  • Kelainan di rahim.
  • Obesitas atau berat terlalu kurus.
  • Usia puber atau menjelang menopause.
Jadi haid normal itu tidak dilihat dari tanggal yang sama tetapi dari jarak serta durasi yang masih dalam batas normal.  Jika anda tangal 15 juni lalu 13 juli maka termasuk siklus haid 28 hari yang berarti normal.  Untuk siklus haid berikutnya berada pada rentang antara tanggal 3-17 agustus.  Selama dihitung dari tanggal pertama haid sebelumnya dengan tanggal pertama haid saat ini masih berada di rentang 21-35 hari maka itu normal. Jaga berat badan seimbang, perbanyak air putih, istirahat cukup, hindari begadang dan stres, pola makan sehat, dan olahraga teratur untuk membantu hormon stabil dan siklus haid normal dan teratur. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil