27 Apr 2020, 23:03Kepala

Apakah cedera kepala bisa menyebabkan pusing dan mual?

PL
Info Penanya: PL, Pria, 1 Tahun
Mlm dok..Saudara saya jatuh dikamar mandi & kepala BELAKANGnya terbentur kelantai manyebabkan pingsan +/- 1jam & dibawa ke klinik,,tapi tidak ada bengkak dibagian kepalaStelah pulang dri klinik & dinyatakan tidak apa2,,namun sudah 2 hari ini rasa pusing,sakit kepala,mual (tdk muntah)Padahal sudah 2 hari dengan iniMemang dia ada riwayat asam lambung,,jadi bagai mana menurut dokter benturan dikepala dia tdk ada memar atau pun bengkak diluar tapi efeknya sperti itu? ???
11517 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam PL,terima kasih atas pertanyaan Anda.Cedera kepala adalah suatu kondisi cedera pada otak, tulang tengkorak, maupun pada kulit kepala. Cedera kepala bisa terjadi akibat dari benturan pada kepala yang dapat menyebabkan benjolan ringan, memar, luka pada kepala, hingga adanya gejala berat seperti cedera otak traumatis. Selain gejala tersebut, biasanya cedera kepala diikuti dengan beberapa keluhan penyerta.

Adapun gejala penyerta yang sering muncul pada cedera kepala adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada area benturan
  • Pusing 
  • Mual dan atau muntah
  • Kebingungan
  • Hilang ingatan
  • Sensitif terhadap cahaya atau suara
  • Timbul gangguan tidur
  • Penurunan kesadaran, jika cederanya berat
Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya memang segera dibawa ke rumah sakit terdekat setelah terjadi cedera kepala, untuk dilakukan pemeriksaan. Keluhan sakit kepala, pusing, serta mual bisa diakibatkan oleh adanya cedera kepala tersebut dan belum tentu disebabkan oleh maag. Jika keluhan masih dirasakan atau memberat walaupun sudah mengonsumsi obat yang diberikan dokter, sebaiknya segera periksakan kembali ke dokter spesialis bedah saraf supaya dapat dilakukan pemeriksaan dan pemeriksaan penunjang seperti  CT-scan kepala. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kondisi tulang tengkorak dan ada atau tidaknya perdarahan pada kepala, sehingga didapatkan tatalaksana yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Dian
pusingcedera kepala ringancedera kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil