25 Mar 2020, 22:06Kulit & Kelamin

Keputihan bening disertai butiran putih

MM
Info Penanya: MM, Wanita, 1 Tahun
Dok...saya mengalami keputihan abnormal...berupa cairan bening tp terkadang ada yg berbentuk butiran2 seperti keju...bolehkan saya meminta resep obat nya untuk saya beli di apotik ...trm kasih dok
36049 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, MMH.Keputihan merupakan keadaan yang dapat normal dan abnormal pada wanita. Keputihan sendiri berarti cairan atau lendir vagina yang berfungsi sebagai pelembab, dapat memebersihkan dan memberikan proteksi terhadap iritasi dan infeksi. Keputihan ini pada dasarnya normal dialami, pada fase tertentu diantara siklus haid, tetapi beberapa gangguan dan kondisi medis tertentu dapat membuat keputihan menjadi tidak normal.

Ciri-ciri keputihan normal

Tanda dari keputihan normal dapat diamati dari tiga aspek berikut, yang meliputi :

1. Warna

Bening hingga putih kekuningan, serta dapat kecoklatan karena bercampur darah haid

2. Bau 

Tidak berbau menyengat

3. Konsistensi

Berkisar dari cair, elastis, hingga lengketTerkait keluhan Anda, perlu juga diketahui ciri dan tanda keputihan yang abnormal. 

Ciri-ciri keputihan abnormal

Adapun tanda-tanda keputihan yang abnormal menurut tiga aspek seperti pada keputihan normal, ditambah dengan gejala yang dapat menyertai, diantaranya adalah :

1. Warna

Kuning, abu-abu, dan kehijauan, serta dapat terlihat seperti nanah

2. Bau 

Berbau tidak sedap dan dapat menyengat seperti bau amis

3. Konsistensi

Tekstur dapat berbusa dan menggumpal

4. Gejala penyerta

Kemerahan, gatal, pembengkakan, rasa panas, bercak perdarahanMengenai keluhan yang Anda alami, perlu untuk ditelaah kembali apakah disertai gejala penyerta atau tidak. Jika ada rasa gatal, mungkin dapat disebabkan infeksi jamur, namun perlu untuk dilakuakan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya, karena setiap kelainan warna, bau dan konsistensi dapat mengindikasikan kondisi medis yang yang berbeda dengan penyebab yang berbeda seperti infeksi bakteri, infeksi parasit ataupun gangguan pada alat reproduksi wanita.Untuk sementara Anda perlu menjaga bagian kewanitaan dari keadaan lembap dengan menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, hindari menggunakan cairan pembersih kewanitaan, dan Anda dapat menggunakan air rebusan sirih alami yang dibuat sendiri untuk membasuh daerah kewanitaan. Anda dapat pula mengonsumsi sumber probiotik untuk menjaga keadaan bakteri baik pada daerah kewanitaan Anda.Jika keluhan tidak membaik dalam 1 minggu atau lebih kedepan, Anda dapat memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan atau dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
masalah reproduksikeputihankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil