13 Jul 2021, 18:42Kulit & Kelamin

Apa sebab buah zakar bengkak dan sakit?

WC
Info Penanya: WC0
buah jakar sebelah kanan sy aga bengkak dan rasanya kalau berdiri sakit banget,apa sebabnya dan bagai mana mengatasinya?
446 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, WCTerima kasih atas pertanyaannya.Buah zakar adalah organ reproduksi dimana menjadi tempat produksi sperma.  Ketika ada bengkak dan nyeri pada buah zakar maka kemungkinan penyebab dari mulai alergi hingga penyakit yang mendasari.

Penyebab bengkak di buah zakar :

  • Infeksi di epididimis buah zakar dan bagian buah zakar itu sendiri karena faktor bakteri ataupun virus. Akan terasa nyeri, bengkak, dan panas saat teraba.
  • Hernia yaitu berupa usus yang yang keluar dari organ perut dan turun hingga ke buah zakar. Kondisi ini akan timbul atau terasa ketika batuk, bersin, mengejan.  Pada kondisi tertentu dapat nyeri hebat dan bengkak.
  • Varikokel berupa pembesaran pembuluh darah kantung buah zakar sehingga menimbulkan bengkak dan terkadang nyeri.
  • Torsio buah zakar atau pemuntiran saluran buah zakar sehingga menimbulkan nyeri hebat dan bengkak kemerahan. Kondisi ini memerlukan penanganan segera.
  • Hidrokel.
  • Kista spermatokel.
  • Riwayat cedera pada buah zakar. 
Sementara ini anda bisa kompres handuk hangat, perbanyak air putih, tetap jaga kebersihan kelamin, minum obat pereda nyeri lalu segera periksa ke dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan langsung pada buah zakar. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
nyeri testisherniaepididimitisvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil