12 Jul 2021, 21:19Kandungan

apakah bisa hamil jika belum haid dan melakukan hubungan terputus?

WN
Info Penanya: WN0
Selamat malam dok, saya usai melahirkan sudah haid 1kali, dan smp sekarang belum dapat haid lagi. Anak saya umur 8bln lebih. Saya berhubungn suami istri 1kali dan itupun tembak diluar,. Seminggu yang lalu saya demam gak enak badan sampe sekarang belum 100% enak dibadan. Saya merasakan tangan dan kaki hangat nafsu makan juga berkurang. Dan kepala agak pusing. Yang saya ingin tanyakan, apakah itu tanda kehamilan,,? Sampe sekarang anak saya masih asi +mpasi.
250 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo W,Berhubungan seksual tanpa ejakulasi didalam atau melakukan hubungan terputus merupakan KB alami yang tetap memiliki berisiko kehamilan. Sama halnya dengan memberikan asi eksklusif yang juga merupakan KB alami namun karena anak sudah MPASI maka efektifitas KB alami dari asi sudah sangat menurun.

Penyebab kehamilan meskipun hubungan terputus

Ketika melakukan hubungan seksual, pria dapat mengeluarkan cairan preejakulasi yang juga mengandung sel sperma dan dapat membuahi sel telur yang matang. Kondisi Anda yang sudah sempat haid meskipun saat ini belum haid lagi artinya Anda sudah dalam keadaan subur dan dapat hamil kapanpun jika ada pembuahan oleh sperma. Untuk itu jika masih ingin menunda kehamilan segera lakukanlah KB.Tanda awal kehamilan adalah terlambat haid atau tidak haid, mual dan muntah pagi hari, rasa tidak nyaman di payudara dan muncul flek implantasi. Jika mengalami tanda-tanda ini pastikan status kehamilan Anda dengan menggunakan testpack. Jika negatif, segeralah lakukan KB, boleh juga menggunakan pil KB menyusui.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil