09 Apr 2020, 23:28Kulit & Kelamin

Keluar cairan putih di penis, sakit apa ya?

PG
Info Penanya: PG, Pria, 24 Tahun
Dok saya mau tanya, ketika saya menahan pipis muncul cairan berwarna putih agak kekuningan. Cairan ini menggumpal di bagian ujung lubang saluran kelamin saya, hal ini juga terjadi ketika saya habis bangun tidur, cairan ini menggumpal dan muncul ketika saya hendak mengeluarkan pen*s untuk pipis. Itu kenapa ya dok? Tapi saya kencing tidak merasakan apa-apa, baik sakit, perih, ataupun gatal dan lainnya.
19794 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat malam, PG.Keluarnya cairan dari penis selain sperma menandakan adanya kelainan penyakit yang terjadi pada penis. Kelainan tersebut diantaranya bisa disebabkan oleh karena infeksi pada saluran kencing ataupun penyakit menulai seksual.Infeksi saluran kemih paling sering terjadi adalah Urethritis, yaitu peradangan yang terjadi pada urethra, saluran kencing yang membawa urin dari kandung kemih keluar tubuh.

Urethritis ini dibagi menjadi 2 :

  • Urethritis spesifik  yaitu : Gonorea, atau dengan kata lain kencing nanah, penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Risiko penularan penyakit ini melalui hubungan seksual yang berganti-ganti pasangan, serta kebersihan penis yang kurang terjaga. Gonorea dapat juga terjadi pada wanita namun biasanya tanpa gejala, berbeda dengan pada pria gonorea dapat menunjukkan gejala khas berupa keluarnya cairan kental dan lengket bisa berwarna putih, cream serta kuning kehijauan dari lubang penis, biasanya memang disertai rasa nyeri dan panas saat buang air kecil.
  • Urethritis non spesifik biasanya disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Pada umumnya banyak yang tanpa gejala jika ada gejala biasanya penis mengeluarkan cairan bening atau keruh. Penderita juga mengeluhkan nyeri pada saat buang air kecil, bahkan terasa gatal di sekitar penis atau bengkak kemerahan pada buah zakar (testis).
Trikomoniasis, penyakit menular seksual ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, gejala yang muncul pada pria berupa cairan putih kental pada penis disertai adanya nyeri saat kencing, jika pada wanita gejala berupa keputihan berwarna kuning kehijauan, kental dan berbau amis.Infeksi saluran kemih dapat menimbulkan komplikasi lebih lanjut jika tidak ditangani dengan baik, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter urologi atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengatasi sakit Anda. Kemudian untuk infeksi menular seksual disarankan agar Anda berobat bersama-sama dengan pasangan Anda, jika tidak maka infeksi akan mengalami penularan kembali pada diri Anda.

Pencegahan yang dapat dilakukan :

  • Minum air putih minimal 2 liter perhari
  • Selalu mencuci alat vital Anda dengan bersih
  • Berhubungan intim menggunakan kondom
  • Mengganti celana dalam secara berkala
  • Setia kepada satu pasangan saja
  • Usahakan untuk tidak menahan kencing terlalu lama
Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
infeksi saluran kemihgonorrheatrikomoniasis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil