28 Jul 2021, 14:48Penyakit Lainnya

Apakah kolesterol tinggi dapat menyebabkan sesak nafas?

EI
Info Penanya: EI, Wanita, 35 Tahun
Ass,dok Z Erna mau tanya,akhir2 ini sesak nafas tiba2,nafas terasa berat sx,z sdh cek lab,asam lambung z normal,tapi kolesterol jahat agak tinggi,apa itu bs jd penyebabnya??
524 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam EI,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Kolesterol tinggi atau biasa disebut dengan hiperkolesterolemia merupakan suatu keadaan dimana tingginya kadar kolesterol dalam darah. Pencetusnya bisa karena konsumsi makan makanan yang tidak sehat seperti minyak, gorengan dan jeroan. Kolesterol yang tidak terkontrol dapat menyebabkan keluhan seperti gangguan jantung dan stroke. Sehingga sebaiknya jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi atur pola makan dan juga konsumsi obat rutin.

Beberapa efek samping kolesterol yang sering timbul :

  • Sering kesemutan
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Jantung berdebar
Berkaitan dengan sesak nafas yang Anda alami, sepertinya tidak ada kaitannya dengan kolesterol yang Anda alami, sesak nafas bisa disebabkan karena gangguan lambung, jantung, paru atau juga otot. Sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam untuk mencari tahu penyebab sesak nafas yang Anda alami. Atau konsultasi secara online chat ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
tips kesehatanmenjaga kesehatankolesterol
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil