28 Apr 2020, 19:18Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi kusta?

AR
Info Penanya: AR, Wanita, 26 Tahun
Dok,saya pernah punya penyakit kusta dan pernah berobat sampek 1 tahun,,,tapi saya sering kali merasakan nyeri bagian jari tangan kelingking karena memang saraf tangan saya kenak dok dan ngak normal lagi seperti sebelumnya. Apakah saya masih belum sembuh dari kusta dok???
8846 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Kusta atau lepra merupakan penyakit infeksi kulit yang menyebabkan pembengkakan di kulit dan kerusakan saraf pada organ gerak tubuh seperti kaki, lengan, jari-jari, dan kulit. Cara penularan penyakit ini yaitu, jika ada seseorang yang terkena kusta dan berkontak langsung dengan orang yang sehat lewat cairan yang dikeluarkan dari mulut atau hidung penderita kusta, maka orang tersebut kemungkinan besar akan tertular.

Tanda dari penyakit kusta, yaitu:

  • Pembengkakan dan perubahan bentuk kulit.
  • Benjolan di kulit yang tidak hilang setelah beberapa minggu atau bulan.
  • Mati rasa di tangan dan kaki akibat kersuakan saraf.
  • Kehilangan fungsi otot.
Pengobatan kusta sendiri yaitu dengan pemberian antibiotik yang tepat guna menghilangkan bakteri Mycobacterium leprae (penyebab kusta) dan gejala-gejala yang ditimbulkan. Pengobatannya berlangsung selama 6 bulan hingga 1 tahun.Terkait gejala yang Anda rasakan ini, kemungkinan butuh pengobatan lanjutan untuk mengatasi nyeri pada jari kelingking Anda. Untuk memastikan apakah Anda sudah sembuh atau belum, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis kulit kelamin sehingga kondisi Anda ini dapat diperiksa lebih lanjut dan diterapi dengan tepat.Salam sehat,dr. Ester
penyakit kulitkustalepra
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil