30 Jul 2021, 19:22Kandungan

Setelah suntik KB 3 bulan, sering mual, apakah hamil ?

II
Info Penanya: II0
Dok saya mau tanya kn saya suntik kb 3 bulan terus krna saya halangan terus jdi saya gk lanjutkn 1 bulan selama 1 bulan itu saya gk halangan hbis itu saya suntik kb lgi 3 bulan 1 bulan stlah suntik saya halangan lgi stlah halangan itu saya sering mual dan sering kencing
268 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, I.Suntik KB 3 bulan adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal dimana tujuan penggunaan untuk mencegah pembuahan dan terjadinya kehamilan. Suntik KB 3 bulan memberikan perlindungan efektif dari kehamilan jika digunakan secara tepat.

Apa yang menyebabkan setelah suntik KB 3 bulan, sering mual ?

Anda yang awalnya suntik KB 3 bulan, lalu halangan terus dan berhenti suntik KB. Selama tidak suntik Anda tidak halangan sama sekali, lalu Anda suntik KB 3 bulan kembali, kemudian halangan, setelah itu sering mual dan sering kencing, ini disebabkan oleh :
  • Kehamilan dimana suntik KB 3 bulan tidak berkerja efektif maupun sudah kadaluarsa.
  • Mual yang disebabkan pengaruh hormon dari suntik KB, asam lambung yang naik.
  • Sering kencing akibat infeksi saluran kemih.
Jika rasa mual dan sering kencing diikuti Anda telat haid, maka coba lakukan test pack. Test pack sebanyak 2 kali, dan jikalau hasil selalu negatif berarti keluhan yang Anda alami bukan karena kehamilan tapi sebab lain.Konsultasi ke dokter speslialis kandungan jika mual terus dirasakan, sering kencing, nyeri saat berkemih, nyeri perut bawah, yang tidak kunjung membaik. Pastikan Anda selalu suntik KB 3 bulan sesuai jadwal dan tidak terlewat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilankontrasepsidispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil