03 Jul 2021, 19:00Kulit & Kelamin

Mediklin apakah bisa digunakan untuk kulit kering yang bruntusan?

EV
Info Penanya: EV0
Permisi dok, saya mau bertanya. tipe kulit saya kering-sensitif, berkomedo, kusam, dan bruntusan. apakah aman jika saya menggunakan obat salep mediklin untuk menghilangkat brutusannya?
768 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Mediklin adalah obat jerawat yang mengandung antibiotik yang dapat digunakan pada jerawat yang sedang meradang disertai dengan komedo. Obat ini tergolong obat yang keras dan dapat mengelupaskan kulit serta membuat kulit yang kering semakin kering. Obat ini harus digunakan secara hati-hati dan dioleskan setipis mungkin karena efeknya yang cenderung menimbulkan kemerahan dan rasa panas pada kulit seperti iritasi. Penggunaannya pun harus pada malam hari dan selama menggunakan obat ini area yang sedang dalam pengobatan tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung karena dapat menghitam atau terjadi hiperpigmentasi.

Mengatasi bruntusan dan komedo

Mediklin sebenarnya ada 2 macam, namun keduanya sama-sama keras. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu melalui online agar dokter dapat menilai tingkat keparahan keluhan Anda melalui foto, atau lakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter spesilais kulit terdekat. Keluhan yang ringan tidak membutuhkan obat ini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kulit dari komedo maupun bruntusan selain menggunakan obat keras. Beberapa cara yang dapat dilakukan jika mengalami jerawat ringan atau bruntusan, komedo dan kulit kering adalah melakukan cuci muka lebih sering, menjadi kulit tetap bersih dengan menggunakan toner secara rutin setelah cuci muka, dan hindari konsumsi makanan berminyak dan berlemak yang dapat  menyebabkan jerawat bertambah.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil