19 Apr 2020, 02:11Kandungan

Terlambat haid lebih dari 10 hari, apa penyebabnya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok, kemarin sya haid tgl 5 maret, tapi sampai sekarang sya belum haid juga dok. Padahal sekarang sdh tanggal 19 april. Sya sudah tespack 4x dok, tapi hasilnya tetap negatif. Apakah sya bisa dikatakan hamil atau ada yg bermasalah di dalam tubuh sya?.Mohon solusinya dok??.Terima kasih
26149 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SH,Terlambat menstruasi adalah ketika siklus menstruasi tidak kunjung datang dari siklus yang seharusnya dimana normalnya siklus menstruasi yang normal adalah antara 21-35 hari sekali.

Penyebab terlambat menstruasi.

Terlambat haid sering kali diduga karena kehamilan, tetapi ada beragam penyebab terlambat haid yang tidak selau karena kehamilan. Beberapa penyebabnya adalah:
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan psikis seperti stres
  • Kelelahan akiba aktivitas berat
  • Gangguan organ reproduksi bisa karena PCOS
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Efek obat tertentu
  • Masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid
Jika sudah menikah atau ada riwayat hubungan seksual setelah haid terakhir maka bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan alat testpack. Jika didapatkan hasil negatif tidak perlu khawatir, bisa tunggu dan ulang pemeriksaan 2 minggu kedepan.Jika nantinya tetap negatif dan tidak juga menstruasi dalam 90 hari kedepan makan baiknya bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Upayakan menjaga pola hidup sehat dengan tidur cukup, istirahat cukup, makan teratur, kelola stres dengan baik dan konsumsi makanan yang bernutrisi agar membantu menstruasi bisa lebih lancar. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil