20 Jul 2021, 21:20Pernapasan

Selalu mencium bau wangi, setelah kehilangan penciuman.

GL
Info Penanya: GL0
Assalamu'alaikum dok Jadi sekitar 1 minggu yang lalu hidung saya tersumbat dan amandel saya membengkak menyebabkan tenggorokan saya sakit Lalu saya pakai inhaler vicks agar hidung tidak tersumbat lagi Tapi setelah pakai itu penciuman saya hilang total,setelah berhenti pake penciuman mulai kembali,tapihidung saya sering mersa ada aroma wangi,wanginya mirip vicks inhaler tapi tanpa aroma menthol,jadi ya wangi aja Dan itu berhari hari ga hilang,sampai kalo saya makan ada aromanya Itu kenapa ya do?
717 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, G.Hidung tersumbat dapat menganggu pernafasan, nafas terasa berat dan penciuman menurun. Hidung tersumbat dapat diikuti demam meriang, batuk, hidung meler dan nyeri kepala. Hidung tersumbat harus diatasi agar tidak menganggu aktfitas sehari-hari.

Apa yang menyebabkan hidung tersumbat dan hilang penciuman ?

Anda yang pada awalnya hidung tersumbat, radang amandel, tenggorokan sakit, penciuman hilang total, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Pembesaran mukosa hidung yang membuat hilang penciuman.
  • Infeksi saluran nafas atas berupa radang amandel.
  • Infeksi virus corona dengan hilang penciuman, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan dapat pula diikuti sesak.
  • Polip hidung yang menganggu penciuman.
Anda yang menggunakan vicks inhaler lalu saat ini Anda mencium aroma wangi dari vicks setelah penciuman kembali, ini dapat disebabkan gangguan saraf penciuman karena terinfeksi virus corona maupun masalah psikis yang membuat Anda terngiang-ngiang dan selalu merasa mencium aroma wangi dari vicks inhaler.Latih terus penciuman Anda dengan mencium aroma lain seperti bau minyak kayu putih, dan lakukan cuci hidung setiap hari. Jika tidak membaik, maka segera konsultasi dan periksa ke dokter spesialis THT.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
anosmiacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil