27 Apr 2020, 22:25Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami?

FH
Info Penanya: FH, Wanita, 17 Tahun
Dok saya mw tanya, jerawat saya terus bermunculan awalnya saya gk pernah kayak gini, stiap saya minum usu coklat timbul jerawat jd banyak,, cara untuk menetralisir dan mencegah timbulnya jerawat gmn ya? Kira² pakai obat apa,, bekasnya jg sulit hilang berwarna kemerahan dan tipe jerawat saya tidak ada mata. Kira² obat apa yg cocok untuk itu dan bagaimana cara mengobatinya secara alami?
17028 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore FH,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Jerawat adalah masalah kulit yang muncul akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati atau sebum yang berlebih. Jerawat muncul sebabkan peradangan pada kulit, bintik gelap, dan terkadang menyebabkan rasa panas atau nyeri ketika disentuh.Pada beberapa kasus jerawat disebabkan oleh perubahan hormon. Hormon tertentu menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak atau sebum yang berlebih pada kulit wajah.

Beberapa cara untuk membersihkan jerawat secara alami :

  • Putih telur
    Dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. 
  • Madu
    menggunakan madu sebagai masker dapat menjaga bakteri baik yang ada dikulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat
  • Mentimun
    Dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah
Selain cara, diatas jangan lupa untuk mencegah jerawat muncul selalu menjaga kebersihan muka dengan mencuci muka minimal 2 hari sekali, konsumsi air putih minimal 2 liter/hari agar kulit tetap lembab, menjaga pola makan dengan makan bergizi, kurangi stress. Bila keluhan jerawat tidak kunjung membaik atau semakin bertambah banyak Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung asam retinoat dan antibiotik tentunya dengan pengawasan dokter kulit agar hasilnya maksimal.Semoga membaik,Salam sehat,dr. Aisyah
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil