20 Aug 2020, 07:32Kandungan

Menghitung usia kehamilan

AK
Info Penanya: AK, Pria, 1 Tahun
Dok saya mao nanya saya berhubungan tanggal 20 juni apakah janin sudah ada di sebelum tanggal 20 juni dok? Soal nya dia akhir dapet bulan 2 juni sampe sekarang belum dapet. Terimakasih dok..
5068 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AK,Untuk menghitung usia kehamilan dapat dilakukan menggunakan beberapa metode seperti dengan menghitung dari Hari Pertama Haid Terakhir/HPHT atau dilakukan perhitungan dengan pemeriksaan USG. Jadi tidak dihitung dari kapan berhubungan seksualnya, untuk itu bisa usia kehamilan lebih lama dari kapan berhubungannya.Apabila belum menstruasi dari tgl 2 Juni maka sebaiknya dipastikan dulu apakah hamil atau tidaknya. Bisa dilakukan pemeriksaan tes kehamilan awal menggunakan alat testpack. Jika ternyata hamil berarti saat ini kehamilan sudah berusia 11 minggu.

Penyebab terlambat haid

Jika tidak haid atau terlambat menstruasi tidak selalu karena kehamilan, bisa juga dipengaruhi oleh faktor lain sepertimisalnya:
  • Adanya gangguan hormon
  • Perubahan gaya hidup yang kurang baik
  • Mengalami stres, cemas ataupun masalah psikologis lain
  • Efek penggunaan KB
  • Masalah pada organ reproduksi
  • Aktivitas fisik berat
Jadi jika sudah hampir 3 bulan tidak haid bisa dilakukan pemeriksaan testpack. Jika hasilnya negatif atau positif, bisa dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah terjadi kehamilan ataupun apa penyebab dari tidak haid dari bulan Juni tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
perkembangan janinhamilmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil