19 Apr 2020, 16:46Kandungan

Terlambat menstruasi, apakah hamil?

RF
Info Penanya: RF, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya masalah menstruasi. Terakhir saya haid itu pd tgl 9 maret. Dan terakhir saya berhubungan dengan pasangan saya pd bulan januari tgl 15 16 dan sperma dikeluarkan diluar. saat bulan februari juga saya masih normal haid. Tapi sekarang bulan april saya belum mendapatkan haid sama sekali dok. Apakah mungkin saya hamil dok? Atau hanya terjadi perlambatan dengan haid saya?
17408 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, RF.Terima kasih atas pertanyaan Anda.Menstruasi atau haid adalah keluarnya darah dari vagina yang normal terjadi pada wanita. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormon reproduksi pada wanita. Menstruasi merupakan suatu proses bahwa organ reproduksi seorang wanita mempersiapkan diri bila terjadi kehamilan. Silkus menstruasi pada wanita dikatakan normal jika terjadi dalam 21-35 hari, rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Perhitungan siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan menstruasi di bulan berikutnya. 

Adapun beberapa hal yang mempengaruhi siklus menstruasi adalah sebagai berikut:

  • Adanya masalah hormonal
  • Status gizi seseorang (terlalu kurus atau terlalu gemuk)
  • Stres
  • Terlalu banyak aktivitas atau kelelahan
  • Mengonsumsi obat tertentu
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal
Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda melakukan hubungan dengan pasangan pada bulan Januari, dan pada bulan Februari-Maret Anda masih menstruasi, maka kemungkinan hamil sangatlah kecil. Jika bulan April Anda belum mengalami menstruasi, kemungkinan hal ini dikarenakan penyebab lainnya. Anda juga bisa melakukan test kehamilan, dan jika Anda ragu sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Tindakan yang bisa Anda lakukan dirumah adalah dengan cara tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari stres, istirahat cukup, lakukan olahraga agar badan tetap bugar, dan cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Dian 
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil