07 Sep 2020, 09:45Kandungan

Bagaimana cara agar bayi mau menyusu?

A
Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok saya mau tanya ,anak saya baru lahir tgl 26 agustus kemarin .anak saya malas menyusu ,setiap disodorin asi cuma diem ngga mau ngenyot ,trus harus dikasih puting sambungan karna dri lahir langsung dikasih dot ,bagaimana cara agar bayi mau menyusu dan mengenyot ?
2252 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam A,Menyusui merupakan salah satu upaya pemenuhan nutrisi anak terutama pada masa awal kehidupan. Pemberian air susu ibu atau ASI merupakan sumber nutrisi utama anak yang juga bisa membantu memberikan kekebalan pada anak dari sejumlah gangguan kesehatan.Terkadang ibu menyusui bisa memiliki beberapa kesulitan di masa awal menyusui seperti produksi ASI yang kurang lancar, bayi tidak mau menyusu, kesulitan memenuhi kebutuhan ASI anak, payudara yang bengkak dan nyeri bisa akibat infeksi, ataupun masalah menyusui lainnya.Apabila bayi tidak mau menyusu perlu diperhatikan beberapa cara menyusui berikut agar bayi kembali mau menyusu secara langsung dari payudara ibu atau istilahnya Direct Breast Feeding atau DBF:
  • Posisikan tubuh ibu senyaman mungkin saat akan menyusui
  • Gendong bayi dan arahkan payudara agar posisi menyusu tepat
  • Bisa posisikan hidung bayi sejajar dengan payudara dan menempelkannya agar bayi mau membuka mulut dengan lebar
  • Pastikan mulut bayi menutupi semua area puting agar bayi bisa menyusu dengan lancar
  • Berikan ASI secara bergantian di payudara kanan dan kiri
  • Jika tetap kesulitan selalu pompa payudara untuk mengosongkan payudara dan juga merangsang produksi ASI agar tidak berkurang
Jika masih sulit dan bayi lebih lancar menyusu melalui botol, maka bisa coba memeriksaan diri dan berkonsultasi pada dokter ataupun konselor ASI agar bayi kembali mau menyusu secara langsung dari payudara. Bisa juga coba menghindari memberikan ASI dari botol dan berikan secara DBF saat bayi haus dan lapar agar bayi mau kembali menyusu secara langsung. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
bayi & menyusuimenyusuiibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil