30 Aug 2020, 19:17Psikologi

Memiliki beberapa keluhan terkait mental, apa penyebabnya?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 22 Tahun
Halo. Saya mau tanya. Kalo Ibu saya berkata kasar rasa nya saya menangis, takut begitu. Walaupun kata² kasar bukan ditujukan ke saya. Saya juga kadang merasa cemas akan hal yg besar maupun kecil dan hal yang dadakan. Kalau sudah merasa cemas suka menunda² kegiatan dan menjadi malas² an. Lebih suka mengurung diri di kamar, memegang hp, untuk rasa cemas. Berjam² main hp. Kadang kalau saya sudah merencanakan sesuatu dan tidak terlaksana yang diinginkan saya juga jadi cemas dan menangis. Itu kenapa?
2215 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AF.Rasa takut saat mendengar seseorang berkata kasar bisa dipicu oleh beberapa kondisi, seperti pengalaman traumatis dengan perkataan tersebut di masa lalu, tumbuh besar di lingkungan yang lembut, atau gangguan kejiwaan lain yang spesifik. Perasaan ini tentunya tidak nyaman apabila dialami terus-menerus, apalagi ketika disertai dengan gejala lainnya.Gejala lain yang Anda alami, yaitu merasa cemas akan hal-hal tertentu yang bersifat mendadak, dan sedih apabila hal yang direncanakan tidak terlaksana bisa jadi karena Anda memiliki jenis kepribadian tertentu, hidup dalam lingkungan yang terlalu ketat, maupun mekanisme mengelola stres yang kurang baik. Mungkin, mengurung diri di kamar dan melakukan aktivitas sendiri adalah cara Anda untuk melarikan diri dari gejala dan perasaan cemas atau takut yang dirasakan. Apabila dengan menyendiri beberapa saat Anda menjadi lebih baik, maka hal tersebut sah-sah saja dilakukan.Akan tetapi, karena manusia adalah makhluk sosial, maka Anda tetap harus bersosialisasi untuk mendapatkan aktualisasi diri. Beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan adalah:
  • Latihan napas, yoga, dan meditasi agar kesehatan mental terjaga
  • Belajar berbagi beban kepada teman, orangtua, atau saudara yang dipercaya
  • Bergabung dalam grup tertentu yang memiliki masalah yang sama
  • Menerima bahwa tidak semua hal dapat Anda kendalikan, misalnya hal-hal yang tidak terjadi
Apabila dengan hal-hal di atas Anda tidak membaik, atau Anda bingung ingin memulai dari mana, atau Anda ingin mengetahui diagnosis kejiwaan Anda secara pasti, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada psikolog atau psikiater. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan mendalam, lalu diberikan terapi yang sesuai, baik berupa obat, psikoterapi, ataupun lainnya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gangguan mentalkesehatan mentalgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil