29 Mar 2020, 03:21Pernapasan

Apa saja gejala awal virus corona ?

RA
Info Penanya: RA, Pria, 1 Tahun
Dok mungkin gak Corona kalau cuma pilek ingusan dan susah nafas liwat mulut karena ada dahak ingus yg mau keluar dari mulut, gak ada demam/panas tubuh, istri saya juga sakit tenggorokan dan ingusan mungkin gak Corona dok, apa sih gejala paling awal dari Corona dok?
24103 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, RA.Virus corona merupakan sekumpulan besar virus yang dapat menyebabkan berbagai jenis pennyakit pada saluran pernapasan. Pada tahun 2019 ini, terdapat jenis virus corona baru (COVID-19) yang menimbulakan wabah di berbagai negara. Infeksi dari virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina. Dipercaya telah ditularkan dari binatang liar dan bisa menular antar manusia.

Adapun gejala yang dapat timbul pada individu yang terinfeksi virus corona :

  • demam
  • gejala flu yang meliputi batuk kering, nyeri tenggororkan hingga sensasi kelelahan
  • sesak napas
  • mual
  • muntah
  • diare
Terkait dengan keluhan yang Anda dan istri Anda alami memang belum dapat dipastikan karena gejala infeksi virus corona tidak selalu sama pada setiap individu. Namun, umumnya untuk infeksi yang lebih serius, akan menimbulkan gejala demam dan sesak yang tidak ringan.Untuk saat ini jika gejala yang dialami tidak memberat, Anda dapat mencoba mengobatinya terlebih dahulu dengan obat bebas yang dapat dibeli di apotek terlebih dahulu. Seperti obat pilek dan pengencer dahak untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat, serta obat pereda nyeri golongan asetaminofen untuk meredakan nyeri tenggorokan. Anda juga dapat menyertakan multivitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhHendaknya untuk tetap melakukan isolasi diri agar tetap aman baik untuk diri Anda dan istri maupun orang lain karena pada usia dewasa muda dengan daya tahan tubuh yang relatif lebih baik angka kesembuhannya tinggi namun dapat menjadi carrier dan menularkan virus ini pada golongan rentan seperti lansia dan anak kecil. Senantiasa cuci tangan dan menghindari menyentuh wajah. Jika terpaksa harus bepergian, setelah sampai rumah, hindari kontak langsung dengan anggota keluarga, segera mandi dan menempatkan baju pada wadah untuk segera dicuci. Jika keluhan yang Anda dan istri Anda memberat, segeralah memerikasakan diri.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
infeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil