03 Jul 2021, 20:09Pernapasan

Kapan penciuman kembali setelah positif covid ?

AN*
Info Penanya: AN*0
Selamat malam dok, saya dan 2 anggota keluarga saya sakit. Dimulai dri mama sya demam, batuk,pilek. tpi di hari +- ke 8 ini sudh sembuh. Di swab (-) juga di hari ke 8 ini, tapi sama sekali blm bisa mencium dan masih batuk. Kalo papa sya sudah +- hari ke 5 di swb (-) skrang yg di rasakan pusing kepala berat", nyium bau tapi samar", dan batuk. Kalau saya sendiri sudah +- 3 hari, tadi di swab (+) dirasa skrng tidk bisa mencium, tdk bisa merasa makanan, batuk ringan. *Hari k brp penciumn kembali ???
1531 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, L.Virus corona ntah sampai kapan kita akan terus bersama, hidup bebas tanpa menggunakan masker, bisa kemana-mana tanpa harus takut terinfeksi. Pandemi virus corona semoga cepat usai sehingga kita bisa hidup dengan tenang dan normal kembali seperti sediakala. 

Hari ke berapa penciuman kembali setelah positif covid ?

Gejala covid bermacam-macam, mulai dari demam tinggi, nyeri kepala, batuk kering, hidung tersumbat, kehilangan penciuman, kehilangan indera pengecapan bahkan tak jarang menimbulkan sesak. Tetapi pada sebagian pasien lain tanpa gejala sama sekali sehingga ia tidak menyadari sudah terinfeksi virus corona dan menularkan ke banyak orang. Berbagai varian baru yang muncul dari virus corona membuat penyebaran dan penularan jauh lebih cepat.Kehilangan penciuman dirasakan sebagian besar pasien covid. Penciuman kembali berbeda-beda ditiap orang walau hasil swab sudah negatif. Ada yang 5 hari pasca terinfeksi, ada yang hingga 2 minggu, ada dalam waktu lama indera penciuman masih tidak membaik.Untuk itu, walau swab ibu dan ayah Anda sudah negatif, tetapi masih ada keluhan tidak bisa mencium, batuk, kepala berat, Anda yang swab masih positif tidak bisa mencium bau, tidak bisa merasakan makanan dan batuk ringan, tetap harus paksakan makan bergizi, makan buah dan sayur, minum vitamin ya.Jika ada sesak nafas, segera ke rumah sakit dan konsultasi ke dokter paru.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
anosmiacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil