22 Mar 2020, 22:37Penyakit Lainnya

Apa penyebab nyeri panggul sebelah kiri?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok ibu saya nyeri panggul sebelah kiri secara terus-menerus, gatal di area pangkal paha dan kadang-kadang seluruh tubuh, serta rambut rontok . Ibu saya sakit apa yah dok ? Saya khawatir karena ibu saya pernah keguguran dan kuret.
49837 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang FK,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Nyeri panggul adalah nyeri yang muncul di panggul atau bagian terbawah dari perut. Nyeri yang dialami dapat terasa tumpul atau tajam, nyeri yang muncul bahkan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti punggung, bokong, atau paha. Pada wanita, nyeri panggul dapat menjadi tanda adanya gangguan pada organ reproduksi.Nyeri panggul terbagi menjadi 2, nyeri panggul akut dan kronis. Nyeri panggul akut merupakan kondisi di mana nyeri pada panggul muncul secara tiba-tiba. Sedangkan nyeri panggul kronis adalah nyeri pada panggul yang berlangsung lama hingga lebih dari 6 bulan.Pada nyeri panggul akut, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri panggul antara lain:
Sedangkan pada nyeri panggul kronis, kondisi yang dapat menyebabkannya, antara lain:
  • Endometriosis
  • Radang panggul kronis
  • Irritable bowel syndrome
  • Kerusakan atau terhimpitnya saraf panggul
  • Mioma
  • Adenomyosis
Jangan mengangkat beban terlalu berat, tetap konsumsi makanan yang bergizi, cukupi kebutuhan sayur dan buah setiap hari, dan konsumsi air putih minimal 2 liter / hari. Jika nyeri panggul disertai dengan gejala mengontrol nuang air kecil dan besar, kelumpuhan atau mati rasa pada bagian pinggang dan kaki, kesulitan berjalan atau tampak pincafg, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter untuk di periksa lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
nyeri pinggulnyeri panggulnyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil