17 Mar 2020, 15:31Penyakit Lainnya

Apa dampak dari masturbasi?

HP
Info Penanya: HP, Pria, 27 Tahun
maaf dok saya ingin tanya.,umur saya 26 tahun,, saya suka masturbasi,, awal melakukan itu sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu,,sebenarnya saya ingin berhenti tapi sulit,,dulu awal seminggu bisa 4 kali tapi sekarang 1 minggu sekali,, terakhir melakukannya entah kenapa saat keluar tiba2 kemaluan saya sakit nyeri sekali dan ke esokkan harinya saya kencing itu nyeri dibagian antara anus dan kantong zakar,? sya takut terkena ejakulasi terbalik,,apakah berbahaya dok
29698 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi HP,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Masturbasi merupakan rangsangan seksual untuk mendapat rangsangan yang dilakukan oleh diri sendiri. Masturbasi ini memang normal dilakukan laki-laki atau perempuan. Masturbasi boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan.Dampak positif dari masturbasi adalah dapat merasa bahagia karena saat orgsme otak akan dibanjiri dengan dopamin dan serotonin sehinggga dapat membuat senang dan bahagia seseorang, menghilangkan stress, tidur nyenyak, dan lain sebagainya.Namun dilain berdampak positif ternyata masturbasi juga emiliki dampak negative seperti :
  • Berisiko menyebabkan infeksi
    Radang kulit atau infeksi terjadi karena gerakan masturbasi yang terlalu sering.
  • Sensitivitas seksual menurun
    Jika laki-laki sering melakukan masturbasi yang terlalu agresif pada penis, dapat menyebabkan penurunan sensasi seksual. 
  • Memicu stress dan depresi
    Saat seseorang terbiasa melakukan masturbasi hal ini dapat menyebabkan kecanduan, ketika tidak bisa melakukannya akan berisiko timbulnya rasa stress atau depresi.
  • Berisiko menyebabkan kanker prostat
    Pada laki-laki yang berusia20-30an dapat meningkatkan risiko kanker prostat, terutama masturbasi dilakukan secara sering.
Jadi sebaiknya saat melakukan masturbasi dipikirkan dampak positif dan negativenya sehingga tentu saja mempertimbangkan untuk mengkontrol durasi dan menahan rasa saat akan melakukan masturbasi. Dan jika Anda memiliki kesulitan untuk berhenti melakukan masturbasi Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke pskiater atau psikolog.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
masalah seksualseksmasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil