12 Mar 2020, 13:45Penyakit Lainnya

Obat herbal untuk pembengkakan kelenjar getah bening

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Assalamu'alaikum dokter, saya mau bertanya. Saya terkena kanker kelenjar getah bening (limfoma) sudah 2 kali operasi. Pertama kali operasi hasilnya bagus, tapi setelah beberapa tahun, benjolannya tumbuh lagi di tempat yg sama. Tumbuh benjolan di pipi kata dokter ga bisa di operasi, karna bisa mengakibatkan bibir jadi perot. Mohon petunjuknya, adakah obat herbal untuk masalah pembengkakan kelenjar getah bening? Terima kasih.
24427 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, S.Terimakasih atas pertanyaan anda.Kelenjar getah bening adalah sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit, dimana di dalam kelenjar getah bening itu terdapat sel-sel yang bertugas memproduksi antibodi di tubuh kita. Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening bisa bermacam-macam, yaitu akibat virus flu, kuman, dan sel kanker pada sistem limpa (tapi ini pada kasus langka).

Gejala dari pembengkakan kelenjar getah bening yaitu:

  • Demam
  • Benjolan terasa hangat dan kemerahan
  • Muncul benjolan di tempat lain seperti bawah rahang, selangkangan, dan di atas tulang selangka.
  • Nyeri jika disentuh dan kadang-kadang nyeri akan hilang dengan sendirinya jika penyakit yang diderita sudah sembuh
Kondisi kelenjar getah bening yang membengkak ini dinamakan limfadenopati. Ada beberapa macam penyakit yang membuat kelenjar getah bening menjadi bengkak yaitu flu pada anak-anak, limfadenitis, limfoma dan kasus yang langka yaitu limfoma HodgkinPengobatan kelenjar getah bening sendiri sebenernya dapat sembuh atau hilang sendiri setelah penyakit yang diderita pasien sudah sembuh. Seajuh ini, belum ada studi yang mengatakan bahwa pembengkakan kelenjar getah bening dapat disembuhkan dengan obat herbal. Jadi sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kembali kondisi Anda ini. Di rumah, Anda dapat melakukan pengompresan pada benjolan jika terasa nyeri atau panas, lalu bisa konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Salam sehat,dr. Ester
kelenjar getah beningpembesaran kelenjar getah beninglimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil