22 Apr 2020, 17:18Kandungan

Mengonsumsi obat hormonal apakah boleh berhubugan intim?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 25 Tahun
Dok setelah saya periksa di dokter kandungan saya diberi obat cyclo progynova,, apakah saat masih minum obat tersebut boleh berhubungan intim dok..??
25217 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AF,Obat hormonal yang diberikan adalah obat untuk mengatasi beberapa masalah hormonal seperti mengatasi keluhan tidak kunjung menstruasi atau amenorea, sebagai terapi pengganti hormonal dan juga untuk mengatasi masalah siklus menstruasi dan osteoporosis pada wanita.Obat tersebut mengandung norgestrel dan estradiol valerate dimana tidak boleh dikonsumsi apabila hamil, memiliki gangguan hati, gangguan ginjal dan juga gangguan jantung. Untuk itu berhubungan seksual tetap boleh tapi ada baiknya menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom untuk mencegah kehamilan.Efek samping yang bisa timbul oleh konsumsi obat tersebut diantaranya adalah:
  • Rasa tidak nyaman dan nyeri payudara
  • Reaksi alergi
  • Gangguan pencernaan seperti mual
  • Peningkatan berat badan
  • Perubahan nafsu seksual
  • Dapat menimbulkan sakit kepala
Untuk itu apabila mengonsumsi obat tersebut karena masalah siklus menstruasi, perlu juga memperbaiki pola hidup sehari-hari agar membantu siklus menstruasi dapat lebih lancar baik dengan cukup istirahat, pola makan yang baik, dan juga aktif bergerak misalnya olahraga rutin. Lakukan juga kontrol berkala pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidgangguan menstruasiterapi hormonal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil