28 Apr 2020, 22:50Kandungan

Bagaimana cara menunda kehamilan?

NH
Info Penanya: NH0
Selamat malam dokter,saya mau bertanya dok, dok saya haid tanggal 26 disaat haid itu saya berhubungan, saya tidak memakai kontrasepsi, saya ingin menunda kehamilan karena anak saya masih berumur 3 bulan dok, apakah saya harus meminum obat pil postinor dok?
15918 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat Malam, NH. Bagi pasangan suami istri hal yang wajar jika ingin menunda kehamilan dengan alasan tertentu. Pada saat berkeinginan untuk menunda kehamilan biasanya pasutri akan berdiskusi untuk memilih metode kontrasepsi yang cocok. Ada 2 macam metode kontraseosi yang umum digunakan yaitu alami dan buatan.

Berikut ini merupakan kontrasepsi alami yang dapat dipilihi:

  • Menghitung masa subur dengan kalender
  • Masa subur wanita pada umumnya 12-18 hari setelah hari pertama menstruasi, sebaikknya hindari berhubungan seksual di masa tersebut.
  • Menghitung masa subur dengan lendir serviks
    Pada saat masa subur biasanya lendir serviks akan cair dan sangat licin sehingga dapat mendorong sperma untuk tidak masuk ke saluran rahim.
  • Ejakulasi diluar vagina atau senggama terputus
    Metode ini dilakukan dengan carap ria tetap melakukan penetrasi namun saat ingin ejakulasi penis langsung ditarik dari liang vagina. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dikarenakan ada cairan pra-ejakulasi yang juga dapat mengandung sperma walaupun dalam jumlah sedikit.
Metode kontrasepsi alami memiliki tingkat kegagalan yang cukup tinggi, sehingga Anda dapat menggunakan kontrasepsi buatan hormonal seperti pil kb, suntik kb, atau implan. kemudian bisa juga menggunakan Kb non hormonal seperti kondom dan IUD sebagai alternatif lain.Terkait dengan kondisi yang sedang Anda alami, Anda dapat memilih metode yang cocok untuk menunda kehamilan, pil postinor yang Anda pertanyakan ini merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi darurat, Anda dapat menggunakannya namun harus benar-benar diminum sesaat setelah melakukan hubungan intim. Perlu diketahui alat kontrasepsi darurat efektifitas untuk mencegah kehamilan sedikit jadi saran kami pilihlah metode kontrasepsi yang sudah dijelaskan diatas dan konsultasikanlah dengan dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.Salam sehat,  dr. Sri Wulantini
kesehatan kandunganpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil