04 Sep 2020, 00:43Penyakit Lainnya

Tetes telinga pembersih kotoran, bolehkah dipakai tanpa indikasi?

AB
Info Penanya: AB, Wanita, 19 Tahun
Dok, terkadang saya merasa telinga saya seperti tersumbat (kotoran telinga saya basah). Kemudian, saya beli obat tetes. Ternyata sudah sembuh sebelum obat digunakan. Bolehkah saya menggunakan obat itu saat telinga normal (sebagai pembantu pembersihan kotoran telinga) atau hanya boleh digunakan saat terjadi indikasi? Terima kasih.
1124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, AB.Tetes telinga pembersih kotoran umumnya dijual secara bebas dipasaran. Pada keadaan tertentu membersihkan telinga dapat dibantu dengan penggunaan tetes tersebut, khususnya pada saat kotoran telinga menumpuk atau yang dalam istilah medis dikenal dengan serumen prop.

Adapun kandungan dari tetes telinga pembersih kotoran yang jual bebas di apotek antara lainnya ialah :

  • hidrogen peroksida 
  • fenol gliserin
  • natrium dokusat
Dari ketiga kandungan tersebut, kandungan yang paling aman adalah fenol gliserin. Fungsi dari tetes telinga dengan kandungan tersebut adalah melunakan kotoran telinga serta membantu melembapkan telinga. Kendati relatif aman digunakan, sejatinya pembersihan telinga yang paling aman adalah pembersihan yang dilakukan di klinik THT oleh ahli. Salah satu cara pembersihan yang umum dilakukan adalah metode irigasi telinga. Seorang individu dapat melakukan pemersihan telinga dengan cara tersebut secara rutin ke klnik THT.Mengenai pertanyaan Anda tentang penggunaan tetes telinga pembersih kotoran, pada saat normal atau tidak adanya indikasi, baiknya tidak dilakukan. Pasalnya tetap ada kemungkinan efek samping dari penggunaan tetes telinga pembersih kotoran tersebut. Beberapa diantaranya yaitu iritasi, tertinggalnya cairan di dalam telinga, hingga peningkatan risiko infeksi. Oleh karena itu ada baiknya untuk tidak menggunakannya secara sembarangan, dan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terdekat.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi 
kebersihan telingatelinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil