02 Jul 2021, 17:21Kandungan

keluar darah setelah senam apakah haid?

TW
Info Penanya: TW0
Dok kenapa ya saya setelah 8 bln opperasi sesar, lalu kb suntik saya tidak mengalami menstruasi, dan setiap saya selesai senam atau workout saya mengeluarkan darah dari kemaluan saya. Apakah ini darah mens dok? Tp keluarnya cuma sedikit setiap setelah senam saja
245 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo T,Beberapa wanita mengalami efek samping dari suntikan KB karena KB ini berisi hormon yang sangat mungkin menyebabkan terganggunya hormon alami dalam tubuh. Pada suntik KB, hormon yang digunakan adalah progesteron dan adanya hormon tambahan ini, dapat menyebabkan efek samping tidak haid, serta keluarnya flek diluar siklus haid.

Efek samping suntikan KB

Beberapa efek samping lain dari suntik KB,  selain tidak haid dan perdarahan diluar siklus, antara lain adalah
  • Nyeri dan rasa tidak nyaman di perut
  • Nyeri kepala
  • Peningkatan napsu makan sehingga dapat naik berat badan.
  • Vagina menjadi kering
  • Penurunan gairah seksual
  • Berjerawat
Namun efek samping ini sebenarnya tidak terjadi pada setiap wanita, sehingga jika Anda merasa tidak nyaman dengan keluhan ini sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan penggantian KB. Beberapa pilihan KB lain yang dapat ANda gunakan adalah pil KB dengan hormon yang lebih rendah, maupun KB iud yang tidak mengandung hormon sehingga haid tidak terganggu. Anda juga dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk menentukan KB mana yang paling sesuai untuk Anda. Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil