29 Apr 2020, 20:54Kulit & Kelamin

Apakah penyebab gatal pada payudara?

PI
Info Penanya: PI, Wanita, 22 Tahun
Permisi, saya ingin bertanya, saya perempuan 22 tahun, bagian areola dan puting sebelah kanan saya gatal dan lecet (saya belum menyusui dan tidak hamil). Terlebih saat saya memakai bra/ menggunakan pakaian biasa (bila tergesek akan sangat gatal).Saya memberikan salep untuk ibu menyusui (merk momil*n) namun sudah sebulan tidak kunjung sembuh.Apakah saya dapat menggunakan salep hidrokortison?
18144 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, PITerima kasih atas pertanyaan AndaGatal adalah sensasi yang menimbulkan refleks menggaruk. Gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gigitan serangga, alergi ataupun karena masalah kesehatan yang lain. Rasa gatal ini bisa timbul di seluruh area tubuh tanpa terkecuali, termasuk pada payudara.

Adapun penyebab gatal pada payudara diantaranya bisa disebabkan oleh:

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara tetap menjaga kebersihan area sekitar payudara, hindari menggaruk yang terlalu kerasa karena bisa mengakibatkan lecet / luka, bisa menggunakan kompres hangat atau dengan menaburkan bedak salisil untuk mengurangi rasa gatal, gunakan lotion yang mengandung Vitamin E jika kulit sekitar payudara kering, gunakan pakaian dalam yang berbahan menyerap keringat, ganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari, tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian dan olahraga agar badan tetap bugar.Penggunaan salep yang anda sebutkan sebaiknya hanya digunakan ketika terdapat indikasi medis saja dan dalam pengawasan dokter. Jika keluhan payudara gatal dirasa tidak membaik, segera periksakan ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan pemeriksaan dan terapi yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
gatalputing lecetpayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil