24 Aug 2020, 02:44Penyakit Lainnya

Telinga tersumbat benda sejak kecil

F
Info Penanya: F, Pria, 22 Tahun
Pagi Dok. Saya ingin bertanya tentang masalah pendengaran. Telinga saya tersumbat sebuah benda sewaktu kecil, namun karena saya menganggap sepele saya biarkan saja. Apakah bisa dok telinga yang tersumbat sudah lama bertahun-tahun diobati?
5027 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang F,Pendengaran yang berkurang kemampuannya bisa disebabkan oleh beragam hal, bisa disebabkan karena adanya penumpukan kotoran telinga, adanya infeksi telinga, mengalami masalah organ pendengaran ataupun masalah lain seperti salah satunya gangguan saraf pendengaran.Apabila sebelumnya pernah tersumbat benda sewaktu kecil dan tidak dilakukan penanganan atau benda tersebut tetap tertinggal di telinga maka perlu segera diperiksakan pada dokter spesialis THT. Nantinya perlu dinilai apa yang jadi penyebab gangguan pendengaran yang timbul. Dokter dapat melakukan wawancara mengenai gejala yang dirasakan, dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti tes pendengaran, salah satunya adalah pemeriksaan audiometri untuk menilai ada tidaknya gangguan pendengaran.

Jenis gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran sendiri ada beberapa jenis dimana masing-masing memiliki kemungkinan penyebab yang berbeda. Beberapa jenis gangguan pendengaran sendiri diantaranya:
  • Gangguan pendengaran konduktif
  • Gangguan pendengaran sensorneural
  • Gangguan pendengaran campuran
Penanganan sendiri akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Apabila ada infeksi maka akan diatasi infeksinya, apabila ada penumpukan kotoran telinga, dokter akan melakukan pembersihan saluran telinga. Jika ada penyebab lain maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut termasuk jika diperlukan dilakukan operasi. Hindari sembarangan menggunakan obat tetes dan juga hindari mengorek telinga menggunakan cotton bud agar kotoran telinga tidak semakin terdorong masuk dan menumpuk. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kebersihan telingagangguan pendengaraninfeksi telingapenyakit telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil